Monday, July 25, 2016

Forum Group Discussion

FORUM GROUP DISCUSSION



Acara yang dilakasanakana tanggal 17 Juli 2016 hari Minggu bertempat dirumah bapak H. Marsatu (Kepala Desa) yang merupakan tempat sementara balai Desa Klabetan Kecamatan Sepulu.
Acara FGD ini yang seharusnya dimulai jam 8 molor hingga jam 9. Dalam acara ini kami mendapat sambutan hangat atau baik dari para warga, dibuktikan dengan semangatnya dan antusias dalam keaktifan diskusi sehingga acara terasa berjalan cepat. kami memperkenalkan program-program kerja kami kepada warga desa Klabetan.  

Program kerja yang kami perkenalkan yang pertama adalah program kerja unggulan kami yaitu "Budidaya Tanaman Hidroponik" dengan penganggung jawab Ryan Andriansyah Saputra. Program unggulan kami mendapat tanggapan positif dari warga, karena mayoritas bahkan semua warga desa Klabetan adalah petani. kami menunjukkan betapa bergunanya program ini untuk warga desa dimana di desa Klabetan mengalami perubahan cuaca yang tidak teratur yang dapat mengancan hasil tani para petani. dengan adanya hidroponik ini warga tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena perubahan cuaca tidak berpengaruh signifikan terhadap tanaman hidroponik. sehingga warga antusias mengetahui lebih lanjut akan tanaman hidroponik tersebut. 

Kemudian program kerja penunjang pertama adalah "Pembuatan Produk Berbahan Dasar Singkong" dengan penanggung jawab Dewi yuliani. dalam pengenalan ini mendapat tanggapan yang tidak seantusias program yang pertama, karena kurangnya ibuk-ibuk atau warga wanita dalam FGD.

 Program kerja penunjang yang kedua adalah "Permainan Tempo Doloe" dengan penganggung jawab Jamaluddin. Dimana dalam lomba ini mengajak semua anak-anak warga desa klabetan untuk berpartisipasi karena dalam lomba ini ditanamkan nilai pendidikan moral akhlak dan kebaikan. 

Program Kerja Penunjang ke Tiga adalah "Pisah Kenang" dengan penanggung jawab Fitri Zulianti. Dimana di dalam acara ini acara terakhir dari kelompok 61 yang mengajak seluruh warga desa klabetan untuk hadir dalam perpisahan yang menyuguhkan pentas seni dari kelompok 61 dan juga dari anak-anak warga desa klabetan.


Dalam Forum Group Discussion ini juga terdapat sharing dan hearing antar warga dan kelompok 61 dimana meghasilkan program kerja yang tidak terduga yang tumbuh karena disebabakan dari permintaan warga yang diterima oleh kelompok 61.


Di Akhir Acara kita foto semua bersama warga yang hadir.

0 comments:

Post a Comment