Tuesday, August 9, 2016

Pelatihan Produk SIMBAD(Singkong Balado)

Pelatihan Produk SIMBAD(Singkong Balado) ini adalah Acara yang dilakasanakana tanggal 22 Juli 2016 hari Jumat bertempat dirumah bapak H. Marsatu (Kepala Desa) yang merupakan tempat sementara balai Desa Klabetan Kecamatan Sepulu. Acara ini dikhususkan untuk ibu-ibu warga Desa Klabetan. Namun, tak berbohong bahwa kaum adam pun ada pada acara pelatihan ini. Bekerja sama dengan bapak klebun dan kepala tani, warga pun yang datang tidak cukup banyak namun itu pun sudah cukup karena antusias warga sekitar dan menerima kami dengan hangat dalam bermasyarakat maupun pelatihan ini. Acara yang awalnya di agendakan pukul 14.00 WIB molor menjadi pukul 15.00 WIB dikarenakan masyarakat mayoritas tani ini pulang dari ladang sore hari. 

Acara yang dihadiri oleh 25 orang ini dibuka langsung oleh Penanggung Jawab acara Dewi Yuliani. Dalam acara ini Warga diajarkan untuk mengelola singkong menjadi kerupuk singkong dan singkong kukus isi pisang. Alasan mengapa menjadikan singkong bahan dasar pelatihan dikarenakan banyak singkong tumbuh namun tak terpakai secara maksimal di desa sana. 

Pertama pembuatannya adalah Kerupuk Singkong dimana Singkong diolah di buat gepeng menjadi penyet setelah itu dikukus dan kemudian dijemur sampai kering hingga pada akhirnya setelah kering utuh bisa di goreng dan di beri bumbu balado.

Kedua pembuatannya dengan singkong yang diparut kemudian dicampur pewarna hijau. Setelah itu, pisang diletakkan didalam kemudian dibungkus dengan parutan singkong yang sudah diberi peawarna, kemudian di kukus selama kurang lebih 30 menit dan di potong menjadi 3 bagian kemudian di beri parutan kelapa dan singkong is pisang siap makan.

Acara ini juga disambut hangat dan antusias dari ibu-ibu warga sekitar karena masih banyak yang belum tau cara pengolahannya yang seperti itu.

0 comments:

Post a Comment